Luruskan niat sempurnakan ikhtiar akhiri dengan tawakal.

Wednesday, 12 March 2014

Kawasaki Z1000, Impresi Perdana Ultimate Supernaked

Test

Kamis, 06 Maret 2014 19:50 WIB


Handling enak, gampang diarahkan mirip Z800
Jakarta - Pertama dikenalkan di Milan Motor Show akhir tahun lalu, akhirnya Z1000 resmi launching pada Jumat (28/1) lalu di Sun City Luxury Club, Jakpus. Mengusung konsep yang diberi nama sugomi pada tampilan dan performa, Z1000 tampil sangar dengan berforma super.

“Sugomi styling ibarat hewan panther yang buas, atau predator yang siap menyerang,” terang Dewi Septianti, Deputy Department Head Sales Promotion Department Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia.

Mesin galak sejak rpm rendah, ngacir banget!
Tampangnya memang sangar, terutama ditunjang dari bentuk lampu yang tipis, yang malah mirip kepala ular kobra saat mau mematuk mangsa. Lampu utama mengusung tipe LED. Bodi yang melengkung terlihat berotot, kesannya kekar banget. Makanya punya tagline ‘Ultimate Supernaked.’

Mesin mengusung 4 silinder segaris DOHC 16 klep, kapasitas murni 1.043 cc. “Tenaganya naik 3 kW dari versi sebelumnya,” imbuh Dewi.

Posisi duduk gagah khas naked bike. Bodi belakang enggak kalah sangar, lancip bersanding dengan dua knalpot
Enggak puas kalau cuma memandangi, langsung minta kunci yang dilengkapi immobilizer untuk mencoba. Saat kontak on, nyala panel indikator yang sangat mungil namun infonya lengkap begitu menarik. Termasuk ada konsumsi bensin real time dan rata-rata, juga jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bensin yang ada.

Enggak cuma itu, ada hal unik pada takometernya yang model bar. 0-3.500 rpm posisinya di layar digital, sedang sisanya sampai mentok ada di layar atas. Saat awal kirain cuma ada 4.000 rpm ke atas, eh ternyata pisah.

Takometernya terpisah, unik!
Posisi duduk terbilang nyaman, joknya rendah banget! Tester OTOMOTIF berpostur 173 cm 65 kg saat duduk kakinya masih nekuk, wajar kendati tinggi jok 815 mm tapi ujung depan sempit sehingga kaki bisa lebih mudah mencapai tanah.

Setang aluminium bercat hitam enak digenggam, dada sedikit terbuka sehingga kesannya gagah khas naked bike. Handling enak, nurut dan mudah diarahkan, enggak beda jauh dengan Z800.

Sugomi styling ibarat hewan panther yang buas, atau predator yang siap menyerang
Deru mesin terdengar sangat merdu, apalagi kalau gas dibuka. Dorongan torsi di rpm rendah sudah sangat besar. Untuk jalan di dalam kota paling mentok 4.000 rpm! Bisa dibilang Z1000 overpower. Maksimalnya 140,6 dk/10.000 rpm dan torsi 111 Nm/7.300 rpm.

Mau tahun hasil pengetesan lebih lengkap? Sabar ya datanya sedang kami kumpulkan! (motor.otomotifnet.com)

Spesifikasi
Mesin : 4 langkah 4 silinder segaris
Pendinginan : cairan
Katup : DOHC 16 klep
Bore x stroke : 77 x 56 mm
Kapasitas : 1.043 cc
Rasio kompresi : 11,8:1
Suplai bensin : injeksi 38 x 4 mm
Tenaga maksimal : 140,6 dk/10.000 rpm
Torsi maksimal : 111 Nm/7.300 rpm
Transmisi : 6 speed
Rangka : twin tube aluminium
P x L x T : 2.045 x 790 x 1.055 mm
Wheelbase : 1.435 mm
Ground clearance : 125 mm
Bobot : 221 kg
Ban depan : 120/70-17
Ban belakang : 190/50-17
Suspensi depan : 41 mm inverted fork with stepless compression and rebound damping and spring preload adjustability
Suspensi belakang : Horizontal Back-link, gas-charged, with stepless rebound damping and preload adjustability
Rem depan : Dual semi-floating 310 mm petal discs; Caliper: Dual radial-mount, monobloc, opposed 4-piston
Rem belakang : Single 250 mm petal disc; Caliper: Single-piston
Kapasitas tangki : 17 liter
 

Penulis : Tim OTOMOTIF | Teks Editor : Popo | Foto : Salim
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...