Luruskan niat sempurnakan ikhtiar akhiri dengan tawakal.

Tuesday, 28 August 2012

ssttt,,,,Melihat Si Cantik

Melihat Si Cantik Anggrek Hitam

JIKA Anda melakukan perjalanan wisata ke Kalimantan Timur, jangan lupa sempatkan datang ke Cagar Alam Kersik Luway, Sekolaq Darat, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Cagar alam ini termasuk unik meski berada di perbukitan pedalaman Kalimantan Timur, karena yang kita lihat adalah hamparan pasir putih seperti layaknya di tepi laut.

Setiap pengunjung yang datang mengidolakan anggrek hitam (Coeloegyne pandurata). Lahan seluar 5.000 hektar itu pernah terbakar hingga nyaris punah. Sisa lahan yang selamat tidak lebih dari 45 hektar dengan beragam tanaman khas perbukitan Kaltim.

Toni Imang, Kabiro Binsos Kutai Barat, yang mendampingi Kompas.com dalam kunjungan ke lokasi itu beberapa waktu lalu mengajak keliling cagar alam. Meski tidak bisa mencapai seluruh lahan karena terburu gelap, beruntung Kompas.com masih bisa menyaksikan sisa-sisa anggrek hitam.

Kelelahan setelah tertatih-tatih di lahan berpasir akhirnya terobati setelah beberapa pucuk anggrek hitam ditemukan. "Ini memang belum musim mekar, jadi sedikit saja yang bisa kita lihat," kata Toni sambil menunjukkan beberapa tangkai anggrek hitam yang juga menjadi ikon di kabupaten Kutai Barat itu.

Memang agak sedikit susah untuk mencapai lokasi tumbuhnya anggrek hitam. Kita harus sering berjalan merunduk-runduk menyelinap di antara gelayutan akar-akar pohon. Meski di lokasi itu tidak ditemukan pepohonan dengan diameter besar, namun rimbunnya hutan cukup menantang bagi penggemar adventure.

Setelah keluar masuk hutan-hutan kecil, bisa ditemui sisa-sisa kebakaran berupa tetumbuhan perdu yang mulai tumbuh. Jika tidak terbakar, di sini inilah istananya anggrek hitam. Anggrek hitam memang bunga primadona dan hanya bisa berkembang di Kersik Luway.
"Bagi yang belum melihat, dikiranya anggrek hitam itu berwarna hitam. Padahal kelopak bunganya putih kehijauan. Yang agak kehitaman hanyalah putik bunganya saja," kata Toni.

Mau ke sana? Perjalanan yang paling mudah melalui jalur udara. Bisa ditempuh dari Balikpapan atau Samarinda menggunakan penerbangan perintis. Setibanya di Bandara Melalan, Kutai Barat, Anda bisa mempergunakan jasa mobil sewaan atau ojek yang siap mengantar Anda. Soal harga sewa, jangan membayangkan seperti menyewa kendaraan di Jawa. Meski ongkos perjalanan akan terhitung mahal, namun kepuasan di Kersik Luway akan menjadi jaminan pengalaman hidup Anda sepanjang masa. (IGN Sawabi/TRIBUN KALTIM)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...