Luruskan niat sempurnakan ikhtiar akhiri dengan tawakal.

Friday, 14 March 2014

Benarkah Tuyul Itu Ada?

odie - Jl.Keuangan I F.A-4 Cilandak Barat 12430

Assalammu'alaikum Wr.Wb.

Ustadz,benarkah tuyul itu ada?Saya percaya bahwa dalam wujud yang ghaib,jin dan syetan itu memang ada dan merupakan makhluk Allah.Tapi,bagaimana dengan tuyul?Masyarakat yang tinggal di desa-desa yang jauh dari kota metropolitan meyakini adanya tuyul,makhluk kecil dan botak yang nakal karena suka "mencuri" uang atas suruhan "pemeliharanya".

Jazakumullah Khairan Katsir.


Wassalammu'alaikum Wr.Wb.

Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Nampaknya para jin itu memang pandai mewujudkan diri sebagai makhluq yang aneh-aneh dan menakutkan. Karena memang kemampuan mereka untuk berubah bentuk sangat terbatas dan tidak bisa sempurna. Dibandingkan dengan malaikat, mereka jelas tidak mampu menyaingi. Karena bila malaikat itu berubah bentuk, pastilah hasilnya sangat sempurna. Misalnya menjadi laki-laki yang sangat tampan dan rupawan.

Barangkali Anda masih ingat cerita tentang para wanita Mesir yang memotong tangan mereka akibat melihat ketampanan wajah Nabi Yusuf as. Saat itu mereka berkatan bahwa yang mereka lihat tidak lain adalah seorang malaikat.

Maka tatkala wanita itu mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk, dan diberikannya kepada masing-masing mereka sebuah pisau , kemudian dia berkata : "Keluarlah kepada mereka". Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada nya, dan mereka melukai tangannya dan berkata: "Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia."(QS. Yusuf : 31)

Itulah kemampuan malaikat yang bila berubah wujud bisa menjadi sangat sempurna. Dan kesempurnaan malaikat itu sudah menjadi hal yang dipahami oleh para wanita Mesir sejak dulu. Sehingga begitu melihat kerupawanan nabi Yusuf as, mereka mengatakan bahwa beliau itu malaikat.

Namun tidak demikian halnya dengan jin, bangsa ini tidak terlalu sempurna kemampuannya. Mereka memang bisa membentuk diri menjadi beragam bentuk, tapi hasilnya selalu jelek dan tidak sempurna. Pastilah ada cacat di sana sini. Misalnya kepalanya tidak ada, dadanya bolong, bentuknya kecil dan botak dan sebagainya.

Oleh masing-masing peradaban, berbagai bentuk wujud jin itu sering diberi nama tersendiri sesuai dengan bahasa dan budaya mereka. Ada yang bernama kuntilanak, genderuwo, vampire, siluman, babi ngepet dan ada juga yang namanya TUYUL.

Tapi semua itu hakikatnya tidak lain dari jin yang mampu berubah bentuk dengan hasil yang jelek. Dan tentu saja kerjanya adalah melakukan beragam kejahatan mulai dari menakut-nakuti hingga mencuri uang. Ujung-ujungnya semua orang yang berurusan dengannya akan terseret dengan sekian banyak problem hingga masalah syirik. Itu adalah tujuan utama misi mereka.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.


sumber : Syariah Online

Pusat Konsultasi Syariah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...