Luruskan niat sempurnakan ikhtiar akhiri dengan tawakal.

Monday, 7 September 2015

Tutorial Lengkap Membuat Biodata Taaruf [DOC + PDF]



LANGSUNG BUKA DI LINK DIBAWAH INI :

KLIK DISINI !!!


roses pencarian jodoh dalam islam bisa lewat dua cara. Yang pertama via perantara. Bisa lewat guru ngaji atau siapapun yang sudah menikah. Yang kedua cara koboy, yaitu kamu dateng ke orang tua akhwat, langsung ‘tembak’ bapaknya (walinya) dan utarakan keinginan menikahi sang akhwat.
Cara koboy ini jarang dipake, karena membutuhkan mental siap diterima dan siap ditolak di tempat. Kemungkinannya 50:50 alias ‘gimana Allah aja’ karena banyak faktor x yang menentukan diterima atau ditolak kunjungan kita. Ada satu temen saya nyoba cara koboy terus ditolak. Awalnya tegar tapi akhirnya nangis juga :'(. Kamu kalau mau nyoba juga boleh. Tapi nanti ya, setelah lulus SMA aja. Saya takut kamu depresi gak lulus UN kalo ditolak sama bapaknya :-D. Kapan-kapan deh kita bahasnya ya.
Yang kita bahas sekarang tentang cara taaruf aja ya. Dasar hukumnya ada di surat ini :
(Surat Al Hujuraat ayat 13) ” Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisiAllah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. “
Tak kenal ya ta’aruf. Masa pacaran? Itu mah cara nyari jodoh jaman jahiliyyah. Islam datang membawa solusi. Kenalilah calon istrimu agar mantap jika kau hendak meminangnya. Tapi yakinilah satu hal, sedalam apapun kamu mencoba mengenalnya, tetap itu hanya sebagian kecil dari keseluruhan kepribadiannya. Sisanya akan kamu ketahui saat kamu benar-benar menjadi pendampingnya dunia akhirat.

Prinsip Utama

Pada prinsinpnya tujuan taaruf adalah mencari jodoh yang sesuai, sekufu, dan diridhai Allah. Gak boleh ada niatan syahwat atau sekedar iseng uji kelayakan dalam hal perjodohan. Emangnya mobil esemka, pake uji kelayakan segala. 😛
Kalau niat sudah lurus langkah selanjutnya adalah membuat biodata. Kalau kamu berfikir biodata taaruf sama kayak bikin resume buat melamar kerja maka kamu gak salah-salah amat. Biodata ini harus dibuat lengkap dan meyakinkan tapi gak bertele-tele yang bikin bacanya jadi ngantuk. Tidak terlalu singkat/sedikit seperti informasi di Kartu Tanda Penduduk tapi juga tidak terlalu detil seperti company profile.
Keep in mind bahwa kamu ingin menceritakan dirimu apa adanya. Gak ada yang ditutup-tutupi atau dimanipulasi. Tidak ada fakta yang disembunyikan tentang pekerjaan dan penghasilan, keluarga dan orang tua serta informasi yang dianggap perlu dan seringkali menjadi pertimbangan penting yaitu masalah penyakit yang pernah dan sedang diderita.
Ungkapkan identitas sejelas-jelasnya. Informasi ini akan dibaca oleh seseorang yang akan mendampingimu dalam sisa hidupmu. Jadi pastikan dia bisa mengetahui berbagai hal tentangmu dengan jelas.  Jangan lupa juga ceritakan cita-citamu setelah menikah. Menikah ibarat akan menaiki sebuah biduk bersama. Kalau laki-laki jadi nakhodanya. Nah, yang perempuan jadi penumpangnya. Penumpang dan nakhoda harus satu jurusan biar harmoni dan selaras. Dari awal kamu harus bisa menjelaskan cita-cita ke depan mau kayak gimana. Punya mimpi keliling dunia misalnya, atau belajar ke Negri Cina. Dengan begitu calon pendamingmu juga bisa mengira-ngira konsekuensi apabila nikah denganmu seperti apa. Sehabis itu bisa nyambung taarufnya, atau gak lanjut.
Yuk, kita mulai mengisi biodatanya. Bismillah…
- See more at: http://rohis.itsar.org/tutorial-lengkap-membuat-biodata-taaruf-doc-pdf/#sthash.n8DQ7ymz.dpuf
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...