Luruskan niat sempurnakan ikhtiar akhiri dengan tawakal.

Wednesday 29 March 2023

*#TTS08. Baca Buku, Banyak Tahu, Banyak Ilmu*

 

#TemanSurga, *buku adalah jendela dunia*. Begitu sebuah pepatah mengatakannya. Bahkan dengan membaca, kita bisa menjelajahi dunia tanpa harus beranjak dari kursi. Duduk, baca, dan berimajinasi. Novel-novel best seller pun lahir dari keasyikan ini.


Kalo kita kepoin kehidupan tokoh-tokoh besar di negeri ini, nama besar mereka pun ditopang oleh *kegemarannya membaca buku di usia muda*. 


*Ir. Soekarno*, bapak proklamator Kemerdekaan Indonesia ini doyan banget baca buku sejak muda. Dengan membaca buku, beliau 'bertemu' dengan tokoh-tokoh dunia di masanya dan menimba ilmu dari mereka sehingga beliau sangat piawai dalam berpidato. 


*Moh. Hatta* yang dikenal sebagai bapak koperasi Indonesia, juga kolektor dan pembaca buku sejak usia 17 tahun. Dengan membaca, beliau mampu menguasi 4 bahasa, Inggris, Perancis, Belanda, dan Jerman, dengan mumpuni. 


*BJ. Habibie*, bapak dirgantara Indonesia ini juga gak kalah kerennya. Sejak kecil beliau terbiasa menghabiskan waktu di dalam kamarnya untuk melahap buku-buku yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan penerbangan. 


Tak heran jika kecerdasannya mampu menyumbangkan berbagai hasil penelitian dan sejumlah teorinya untuk ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Thermodinamika, Konstruksi, dan Aerodinamika.


Udah sunatullah, mereka yang doyan baca buku wawasannya lebih maju. Banyak tahu info terbaru. Dan ilmunya tak lekang oleh waktu. Karenanya, *secara tidak langsung Islam begitu memuliakan orang-orang yang hobi baca buku*. 


_“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”_ *(QS Al Mujadalah: 11)*


Daripada gabut nungguin bedug maghrib, mending #TetapProduktif dengan banyak baca buku. Kuy![]



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...