Luruskan niat sempurnakan ikhtiar akhiri dengan tawakal.

Monday, 20 August 2012

Si Cantik, Putih, dan Perawan dari Kalimantan Timur



Tak banyak orang tahu, Kota Bontang di Kalimantan Timur punya "permata di tengah laut". Namanya Pulau Beras Basah, pulau mungil tak berpenghuni yang sangat cantik, berpasir putih, dan dikelilingi pantai perawan!

Jika Anda berencana untuk liburan ke Kota Bontang, Kalimantan Timur, jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini. Pulau Beras Basah adalah salah satu primadona Kota Bontang, juga Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini bisa dijangkau dengan menyewa kapal dari pelabuhan Bontang Kuala, Tanjung Limau, atau Tanjung Laut. Satu kapal dibandrol sekitar Rp 400.000 untuk pulang-pergi, dan bisa diisi oleh 10 orang sekaligus.

Tiba di Pulau Beras Basah, Anda akan disambut jembatan panjang yang langsung mengantar Anda ke pesisir pulaunya. Sepanjang jalan di jembatan, Anda sudah bisa melihat ikan-ikan koral berenang dekat permukaan air! Setelah itu Anda akan disambut oleh putihnya pasir nan halus dan bersih. Gradasi warna terlihat kontras, mulai dari putih, biru muda, hingga biru tua sebagai pertanda laut dalam.

Tak ada penghuni sama sekali di pulau ini. Tak ada restoran, apalagi penginapan. Hanya ada beberapa bangunan dari kayu untuk Anda beristirahat dan berlindung kalau sinar matahari mulai terik. Selain itu, satu bangunan yang mencuat tinggi adalah Menara Putih. Bangunan ini dulunya adalah mercusuar, namun sudah tak pernah digunakan lagi.

Pulau ini sangat kecil, seakan seluruh pulaunya merupakan pantai berpasir putih. Tak sampai satu jam, Anda pasti sudah khatam mengelilingi pulau ini. Cobalah menyusuri pinggir pantai, dan tentukan spot favorit Anda sendiri!

Ombak yang tak terlalu besar membuat pulau ini jadi tujuan favorit untuk berenang. Tiap akhir pekan, Pulau Beras Basah selalu ramai pengunjung terutama dari Kota Bontang. Bergabunglah bersama warga lokal untuk menikmati kecantikan pulau ini. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan dan jangan merusak pulau perawan ini ya!